Bagaimana Kehidupan Warga Negara Kerajaan Arab Saudi Di Negaranya Sendiri ?

0 komentar | ✍️ Apa Komentar mu ? Tulis komentarmu, klik disini
Artikel Terbaru Lainnya :






Kehidupan warga saudi di negara nya saya lihat cukup senang, walau secara politik mereka tidak memiliki pilihan yang luas.. tapi dibanding Indonesia, kurang lebih sama.. malah lebih baik..


Sama dalam arti apa.. mungkin di Indonesia anda menginginkan jadi pejabat dan ASN, maka di Saudi pun mereka bisa mendapatkannya, misalnya dengan menjadi ASN dan memiliki jabatan tinggi lainnya, walaupun jabatan Gubernur keatas nya hanya diisi oleh para pangeran.. terkecuali anda orang yang sangat berprestasi, seperti Syech Abdurrahman As Sudais.. yang menjadi gubernur Makkah dan Madinah.. atau anda memiliki latar belakang pendidikan PhD, yang di Indonesia sangat berjibun jumlahnya..



Pendapatan
 Lebih lanjut, jika kehidupan warga Saudi dibanding warga Indonesia.. tentu saja mereka lebih senang…. gimana tidak.. dengan latar pendidikan yang sedikit lebih tinggi saja, seperti Sarjana, mereka biasanya memiliki peluang untuk mengisi jabatan sebagai Manager.. dikarenakan jumlah warganya yang memiliki latar pendidikan S1 yang terbatas, dan warganya pada umumnya lebih memilih untuk bekerja selepas SMA. Dikarenakan lulusan sarjana yang terbatas, perusahaan biasanya akan mengangkat mereka menjadi manager, walau dengan prestasi yang secara rata-rata sama dengan para expatriate dari negara lain..
Mengenai expatriate, para pekerja dari Sudan, Bangladesh, Pakistan, India, Philliphine, Mesir, Amerika dan Eropa Timur banyak yang betah tinggal disana hingga puluhan tahun.. bahkan tidak sedikit dari mereka yang telah memiliki anak cucu dan juga bersekolah dan bekerja di sana.


Negara Indonesia memiliki 3 sekolah milik pemerintah disana untuk melayani para warganya yang menetap di Saudi. Philliphine, Pakistan dan India tidak terhitung jumlah sekolah yang mereka miliki. Salah satu sekolah terbesar di dunia adalah sekolah India di Dammam, dengan jumlah murid hingga 16,000 orang.
Bagi warga Saudi yang hanya bersekolah hingga tamat SMA, buat apa mereka sekolah hingga S1, sedang dengan lepas SMA saja, mereka bisa bekerja, dengan gaji awal sekitaran 4000–5000 SAR, belum termasuk overtime. Anda bisa konversikan sendiri 1SAR ~ 3970 IDR. Bila anda menjadi pegawai negri, kemungkinan gaji awal anda berada di angka 6000–7000 SAR.
Kehidupan Sehari-hari
Kehidupan di Saudi yang relatif nyaman, dengan subsidi bahan makanan, daging, sandang, dan papan.. mobil-mobil import bebas pajak, gaji bebas pajak, membuat mereka berfikir untuk apa mecapai pendidikan yang lebih tinggi..
walau ada juga mereka yang mengejarnya.. tapi biasanya mereka akan mengejar hal tersebut, bila mereka diterima di perguruan tinggi negri mereka yang bonafid, seperti KFUPM, KAA atau mendapat beasiswa untuk kuliah diluar negara mereka, terutama Amerika dan Eropa.
Banyak warga Saudi generasi muda sekarang yang merupakan lulusan dari Universitas-universitas di Inggris, Amerika dan Canada. Jadi bila anda berbahasa Inggris di kota-kota besar seperti Riyadh, Jeddah dan Dammam, kemungkinan besar mereka yang lulusan luar akan membalas bahasa Inggris anda secara fasih..

Planologi tata kota Saudi di design mengikuti kota-kota di Amerika, lebih tepatnya Texas, dengan lahan parkir yang luas dan jalan-jalan yang lebar. Bentuk bangunannya pun bila kita pergi ke Texas, maka kita akan teringat dengan bentuk bangunan yang ada di Saudi seperti Riyadh, Dammam, Khobar, dan Dahran dimana pusat perusahaan minyak Saudi Arabia Aramco berada.



Kota Riyadh dengan Kingdom Towernya

Serupa dengan layout tatakota di Houston
Dahran dengan pemandangan corniche
Jeddah area, Baladiyya district
Jeddah, Al Hamra disctrict
Cafe-cafe tempat bercengkerama dengan teman dan keluarga tersedia luas, rumah-rumah makan yang berstandard kesehatan yang tinggi dan pusat perbelanjaan yang tersedia, mulai dari warung-warung minimarket (disebut Bakala) hingga supermarket yang menyediakan sayur-mayur, daging dan kebutuhan lainnya, seperti Danube, Panda, Lulu, Al Othaim.
Harga rumah
Hanya saja harga rumah di Saudi relatif mahal, secara hitungan total. Hal ini dikarenakan luas tanah dan kualitas bangunan nya yang di design untuk tahan hingga 100tahun, tahan panas yang extreme dan sembilu dingin di musim winter.
Akan tetapi bila di bandingkan secara permeter perolehan harga rumah di Indonesia, maka harga rumah di Saudi juga terbilang murah, karena rumah di Indonesia di design hanya bertahan selama 15–20 tahun (seumur kredit perumahan), dan setelah waktu tersebut, maka biasanya rumah di Indonesia sudah mulai dimakan rayap dan tembok concret nya sudah mulai mengalami retak-retak. Saya pernah menghitung, dan dapat disimpulkan harga per meter perumahan di kota-kota Indonesia terhitung jauh lebih mahal, dengan kualitas yang ala kadarnya..


Setiap tahun, warga Saudi biasanya mereka pergi berlibur keluar negaranya, terutama di musim kemarau.. juga dikarenakan pada musim tersebut anak sekolah libur selama ~3 bulan. Banyak dari mereka yang pergi ke negara lainnya, atau negara tetangga mereka, yang lebih moderat, seperti UEA, Bahrain, Mesir ataupun Jordan..
Jadi bila ditanya bagaimana warga Saudi di negaranya sendiri, kita patut iri dengan kehidupan yang mereka miliki.. tapi banyak dari orang kita yang tidak mengetahui nya, dan lebih memilih mendeskreditkan Saudi, hanya karena mereka memilih menjalankan syariat Islam dan sedangkan di Indonesia kita susah payah untuk menjaga agar syariat agama Islam tidak dilecehkan..






Terima Kasih Sudah Membaca ✔️ Bagaimana Kehidupan Warga Negara Kerajaan Arab Saudi Di Negaranya Sendiri ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan sesuai dengan topik 👌,
Terima kasih atas perhatiannya sobat 🙂

Artikel Terkait Lainnya



Back to Top

Subscribe | Daftarkan Email Kamu disini