Fakta profesi Pegawai Negri Sipil / PNS yang Jarang diketahui banyak orang

0 komentar | ✍️ Apa Komentar mu ? Tulis komentarmu, klik disini
Artikel Terbaru Lainnya :






Ada satu instansi pemerintah yang saya rasa dapat mengubah stereotipe negatif anda terhadap PNS :


Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)


LIPI adalah salah satu Lembaga Pemerintah Non-Kementerian (LPNK) dengan fungsi utama penelitian ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, mayoritas PNS LIPI bekerja sebagai Peneliti.
Kondisi ini membuat karakter PNS di LIPI berbeda dengan PNS di lembaga lainnya. Beberapa contohnya :
  1. CPNS baru sudah bergelar doktor dengan publikasi internasional bereputasi, penghargaan internasional, bahkan memiliki karir di luar negeri. Contohnya teman seangkatan saya, mas Muhandis yang ahli dalam fisika kuantum [1]dan mbak Osi dan Ayu yang langsung menang award begitu masuk LIPI [2]
  2. Kritis dan ilmiah. Imbas dari poin nomor 1, karakter PNS LIPI selalu ingin penjelasan yang masuk akal. Contohnya saat saya ikut Diklat Pra-jabatan. Saat itu kami di"kurung" dalam asrama dan dibina oleh TNI berseragam. Di awal, kami dijelaskan tentang tata tertib berpenampilan, makan-minum, mengikuti pelajaran, beribadah, hingga baris berbaris yang sudah ada waktu dan aturannya masing-masing. Bisa-bisanya ada teman saya yang mengacungkan jari dan bertanya pada TNI tersebut di depan forum "Kami ini kan akan menjadi peneliti, sehingga perlu suasana yang dinamis agar bisa bebas berpikir. Kenapa malah dididik kaku seperti TNI?". Saya hanya bisa standing applause dalam hati.
  3. BIG NO to menjilat atasan. PNS di instansi lain mungkin punya kebiasaan bermuka manis di depan atasan, tapi di LIPI berbeda 180 derajat. Bahkan di rapat formal, atasan sebagai pimpinan rapat selalu didebat jika kebijakannya tidak bisa diterima. Dan hanya di LIPI yang bawahannya berani mendemo pimpinannya sendiri, sampai dibawa-bawa ke DPR pula [3].
  4. Izin untuk melanjutkan pendidikan sangat mudah. Apalagi jika ke luar negeri, lebih diapresiasi. Setelah S2 langsung lanjut S3 sampai lulus, bahkan sampai post-doctoral sekalipun, selama ada beasiswanya pasti tidak akan dipersulit. Hal yang berbeda dengan yang saya dengar dari teman PNS saya di instansi lain.
  5. Seragam hanya untuk satpam dan OB. Tidak ada seragam bagi pegawai LIPI. Jika PNS instansi lain merasa bangga memakai seragam instansinya, PNS LIPI justru canggung untuk sekedar memakai nametag dan pin LIPI di dada. Hal ini bisa dimaklumi karena PNS di LIPI tidak melayani masyarakat dengan tatap muka setiap hari. Jadi, jika anda bertemu orang berkaus, celana jeans, dan bersandal jepit di lingkungan kantor LIPI, bisa jadi orang tersebut adalah salah satu peneliti ahli.
  6. Korupsi? Apanya yang mau diembat? Anggaran riset saja hanya 2.47 triliun, yang masih dibagi lagi oleh Kemenristek ke instansi selain LIPI. Bandingkan saja sendiri dengan anggaran instansi lain yang bisa puluhan kali lipat jumlahnya [4] . Peneliti LIPI malah seringkali harus mengeluarkan uang pribadinya untuk membayar biaya publikasi di jurnal ilmiah, hingga belasan juta.
  7. Kenaikan pangkat bergantung pada diri sendiri. Karena sebagai peneliti, kewajiban utamanya adalah publikasi karya tulis ilmiah. Jika produktif, karir akan otomatis naik. Jika malas, tidak akan ada yang peduli dan bisa membantu anda. Bahkan atasan sekalipun. Mungkin ini juga salah satu alasan adanya poin nomor 3.




Itulah yang saya alami sebagai PNS di LIPI. Mungkin anda juga baru mengetahuinya sekarang, ternyata tidak semua PNS itu seperti yang terekspos. Sungguh unik dan membuat saya bersyukur bisa bekerja di instansi ini.
Catatan Kaki






Terima Kasih Sudah Membaca ✔️ Fakta profesi Pegawai Negri Sipil / PNS yang Jarang diketahui banyak orang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan sesuai dengan topik 👌,
Terima kasih atas perhatiannya sobat 🙂

Artikel Terkait Lainnya



Back to Top

Subscribe | Daftarkan Email Kamu disini