Ilmu Finansial Yang Seharusnya Diketahui Semua Orang

0 komentar | ✍️ Apa Komentar mu ? Tulis komentarmu, klik disini
Artikel Terbaru Lainnya :






ADA 4 (EMPAT), dan ini tidak diajarkan di sekolah maupun kuliahKalau 4 ilmu finansial ini tidak diajarkan di sekolah atau di kuliah Anda



Apa saja 4 ilmu finansial yang seharusnya diketahui (dan dipraktekkan) semua orang khususnya di Indonesia, adalah, sebagai berikut:
  1. Ilmu Earning (bagaimana cara Anda mendapatkan uang).
  2. Ilmu Saving (bagaimana cara Anda menyimpan uang).
  3. Ilmu Investing (bagaimana cara Anda mendiversifikasi sumber income).
  4. Ilmu Philantrophy (bagaimana cara Anda men-derma-kan uang Anda).

PERTAMA, EARNING SKILL (KEAHLIAN MENGHASILKAN UANG)
Ini adalah yang terpenting dan paling utama. Kalau Anda tidak punya penghasilan, tidak punya uang, ilmu finansial Anda buat apaan? Nothing, kan? So, kita pelototi dulu ilmu dan keahlian ini lebih duluan.
Menghasilkan uang ada 3 cara: LINEAR, SEMI LINEAR, NON LINEAR.
Kita bahas satu-satu.
.
.
LINEAR, artinya berurutan. Anda sekolah, dapat gelar, melamar kerja ke sana ke mari, diterima, kerja weekday dan baru mendapatkan uang (gaji) di akhir bulan atau di awal bulan. Begitulah cara kerja orang tipe linear.
Uang penghasilannya berdasarkan jumlah waktu dan tenaga yang dia gadaikan kepada institusi atau perusahaan orang lain, dan penghasilannya (dalam bentuk gaji), diterima tiap bulan.
CONTOH dari pekerjaan linear alias menghasilkan uang secara linear ini adalah pekerja kantoran, dan apapun profesi yang mengandalkan gaji bulanan. Pekerja kantoran pun bisa dibagi ke dalam 2 golongan: mereka yang kerjanya santai, dan mereka yang kerjanya stress, seperti ini…
SEMI LINEAR, lebih cepat dari Linear. Anda punya keahlian yang dicari, paling diburu, paling dibutuhkan banyak orang, dan Anda langsung dibayar sekarang dan hari ini juga, tidak perlu menunggu sebulan seperti gaji bulanan orang-orang kantoran.
CONTOH dari pekerjaan dengan penghasilan semi linear adalah sales yang ahli closing penjualan. Hari ini mampu closing penjualan 10 produk, komisi tiap 1 produk terjual misal Rp1jt, maka hari ini saja dia sudah menghasilkan hard-cash Rp10jt.
Anyway, saya punya rekan, sales produk kamera digital, sehari dia bisa menjual 7 sampai 15 kamera hanya dengan ngajak ngobrol pengunjung toko. Per hari dia bisa mengantongi komisi langsung Rp7jt hingga Rp15jt. Per hari!


Tahukah Anda ? ]  O ya, kenapa disebut semi linear, karena masih ada sebagian porsi tenaga, pikiran dan waktu yang harus dikeluarkan setiap hari.
Yang membedakan dari LINEAR dan SEMI LINEAR hanya di mendapatkan uangnya. Linear harus menunggu 1 bulan, Semi Linear 1 hari juga bisa langsung dapat uang. Tapi dua-duanya sama-sama masih harus mengorbankan waktu, pikiran dan tenaga.
.
.
NON LINEAR, kebalikan dari Linear, dan lebih cepat lagi dari Semi Linear. Dan caranya sudah tanpa mengeluarkan tenaga, keringat maupun pikiran lagi.
Contoh dari pekerjaan Non-Linear ini adalah dr. Yudhistya Ksyatria misal menulis e-book digital dengan judul "Rahasia Cara Hidup Sehat Selama 100 Tahun Tanpa Obat-Obatan Apapun", dibuat presentasinya videonya di Youtube. Sangat memikat dan membius yang nonton.
Algoritma Youtube pun menyebarkan video dr. Yudhistya dengan sendirinya, semakin menjangkau jutaan viewers Youtube di seluruh Indonesia, dan jutaan orang berbondong-bondong transfer ke rekening bank BCA dr. Yudhistya untuk mendapatkan akses download e-book tersebut.
Uang beratus-ratus juta rupiah pun berdatangan ke rekening bank dr. Yudhistya tanpa harus kerja apa-apa lagi. Mau makan, minum, tiduran, tengkurap, jalan-jalan, renang, kayang, salto, uang berdatangan dengan sendirinya, TANPA dr. Yudhistya harus kerja-kerja lagi.
Contoh lain dari menghasilkan uang secara non-linear adalah: usaha kost-kost an dan usaha kontrakan premium. Tanpa kerja-kerja lagi, si pemilik menerima pembayaran sewa kontrakan tiap bulan / tiap tahun.
Nah…
Anda masuk tipe mana?
Linear, yang menerima penghasilan tiap 1 bulan?
Semi Linear, mampu menghasilkan uang harian?
Atau Non-Linear, Anda tidur sebulan pun uang bisa dengan sendirinya berdatangan?
RAHASIA UMUM: institusi pendidikan sekolah dan universitas di Indonesia lebih mengarahkan kita agar menjadi insan pekerja tipe Linear (belajar yang tekun, agar lulus dapat kerja bagus), itu sebabnya jumlah pengusaha dan orang kaya di Indonesia ini amat sangat sangat sedikit sekali, karena kita dididik untuk memiliki mental pekerja.
Jika Anda ingin SEJAHTERA sebelum usia 32 atau bahkan sebelum usia 22, fokuslah mengasah keahlian non-linear income sejak dini.
Kecuali Anda sudah kaya raya sejak bayi, maka yang paling perlu Anda kuasai ketika dewasa adalah skill menjalin koneksi dan skill delegasi.

KEDUA, SAVING SKILL (KEAHLIAN MENYIMPAN UANG)
Buka tabungan deposito tersendiri, dan cemplungkan minimal 10% setiap kali Anda mendapatkan penghasilan.
Simpan untuk apa?
Simpan untuk menghadapi rainy days alias untuk jaga-jaga terjadi masa sulit, alias, ini adalah dana emergency, dana darurat.

Tahukah Anda ? ]  Jadi jika gaji linear bulanan Anda Rp5jt, dana emergency ini sebesar Rp500rb, tiap bulan (maka jika bisa sehat selama 1 tahun akan terkumpul dana emergency Rp6jt).
Jika penghasilan semi linear harian Anda Rp1jt, dana emergency ini sebesar Rp100rb, tiap hari (1 bulan terkumpul Rp3jt, dan jika bisa sehat selama 1 tahun akan terkumpul dana darurat sebesar Rp36jt).
Jika income non linear Anda Rp5jt per hari… yah, bisa hitung sendiri ya.
Alternatif lain dari saving ini, adalah, ikut asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Silakan kontak orang-orang yang berkompeten di kedua bidang asuransi tersebut.

KETIGA, INVESTING SKILL (KEAHLIAN DIVERSIFIKASI / MENYEBAR SUMBER-SUMBER PENGHASIL UANG)
Investasi yang paling utama adalah investasi ilmu dulu.
Anda mau terjun ke dunia saham, misalnya, maka silakan investasikan uang Anda untuk mendapatkan beragam pelatihan agar bisa ready berinvestasi di dunia saham.
Investasi skill ini besarnya 20% dari total penghasilan yang Anda peroleh.
Jadi misal Anda menghasilkan income Rp10jt, maka Anda ambil Rp2jt Anda untuk mengikuti kelas workshop tentang saham / reksa dana / properti / ternak ikan lele, dan lain sebagainya.

Hidup akan menjadi sedikit lebih mudah apabila:
  1. Penghasilan Anda masuk kategori NON LINEAR, alias tanpa bekerja keras lagi pun uang berdatangan sendiri ke rekening Anda. Dan…
  2. Sumber-sumber pemasukan pun datang dari berbagai arah: jualan e-book, jualan DVD e-learning, sales, dropship, Google Adsense, Youtube Adsense, dividen saham, reksadana, properti, royalti, pacar kaya-raya…

KEEMPAT, CHARITY SKILL (KEAHLIAN DERMA / SEDEKAH & FILANTROPI)
Banyak sekali di antara kita tidak menyadari, bahwa orang-orang kaya, justru adalah pelaku derma / filantropi terbesar.
Mereka mendirikan yayasan, membiayai penelitian kanker, membangun badan amal, mendirikan sekolah-sekolah dan universitas gratis, dan banyak lainnya.
Yayasan Bill & Melinda Gates
Yayasan Buddha Tzu Chi
Yayasan Humanity First
Hingga yang terbaru…
Berbagi…
Berderma…
Bersedekah…
akan melepaskan stress, karena perilaku derma selalu menghasilkan hormon oksitosin (perasaan senang, cinta, lega). Itu sebabnya, setiap kali kita memberi kepada fakir miskin, membantu orang yang benar-benar membutuhkan, rasanya hati kita menjadi lebih lapang.
Nah, pikiran bebas stress dan menjadi serba lapang inilah, yang dimanfaatkan oleh mereka-mereka yang kaya-raya itu, untuk lebih giat memikirkan & menghasilkan solusi bagi banyak orang, entah itu dengan menciptakan produk baru yang lebih revolusioner, maupun dengan membuat jasa unggulan yang lebih mutakhir di bidang tertentu. Yang pada gilirannya menarik sumber-sumber income lain yang lebih besar lagi.
Itu sebab, kenapa di agama-agama ada perintah untuk bersedekah. Malah dalam agama Islam, ada anjuran: jika rezekimu sempit, cobalah bersedekah, dan rezekimu akan dilapangkan. Itu maksudnya adalah Anda menderma kan harta yang Anda cintai, agar jiwa Anda terbiasa ikhlas, lapang, lalu pikiran Anda jadi lebih terang untuk bekerja lebih maksimal dan optimal, sehingga Anda bisa menghasilkan rezeki income yang Anda harapkan.
Atau bisa jadi, karena jiwamu jadi lapang itulah, Anda jadi murah senyum, dan itu membuat banyak orang-orang potensial, mau menjalin bisnis dan kerja sama dengan Anda. Dari situlah rezeki income Anda datang.
Dengan mempraktekkan keempat skill penting di atas, tidak hanya finansial, bahkan jiwa Anda pun dipastikan akan menjadi lebih kaya dan tentram.

Referensi:
  • Magical Earning - The Ultimate Guide of High-Income Skills & Non-Linear Income Skills (Panduan Menghasilkan Income Tinggi)










Terima Kasih Sudah Membaca ✔️ Ilmu Finansial Yang Seharusnya Diketahui Semua Orang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan sesuai dengan topik 👌,
Terima kasih atas perhatiannya sobat 🙂

Artikel Terkait Lainnya



Back to Top

Subscribe | Daftarkan Email Kamu disini