Sebagai presiden di negara Super Power, berapa gaji Presiden AS ?

0 komentar | ✍️ Apa Komentar mu ? Tulis komentarmu, klik disini
Artikel Terbaru Lainnya :






Lumayan besar, tapi tidak sebesar rata-rata bayaran pimpinan beberapa BUMN terbesar di Indonesia




Yang kiri masih bisa lebih besar dari pada yang kanan di jabatan publiknya!

Ah serius lo, ya kali mantan Gubernur bisa lebih banyak bayarannya daripada orang nomor wahid Washington DC!

Eh serius nih, yuk kita sisir detailnya.

Mulai dari gaji & tunjangan Presiden AS:

  • US$ 400.000 (Sekitar Rp 6 Milyar) gaji pokok[1]
  • US$ 100.000 (+- Rp 1.5 Milyar) tunjangan perjalanan/dinas
  • US$ 50.000 (Rp 750 Juta) tunjangan biaya hidup (expense allowance)
  • US$ 19.000 (Rp 285 Juta) tunjangan hiburan (entertainment allowance)

Perlu diingat, ini adalah angka tahunan. Jadi kalau di rata-rata per bulannya penghasilan Presiden sekitar $39.250 (Rp 590 Juta sebulan), setelah pajak

*pasalnya gaji pokok Presiden tetap kena pajak, itu sekitar 24.5% atau $98 ribu[2] dan tidak ada tunjangan PPh/pajak penghasilan dibayari negara layaknya di Indonesia.[3]

Balik ke Direksi & Komisaris BUMN…

Kalau dilihat dari gaji pokok saja, mungkin kelihatannya Direksi & Komisaris BUMN macam koh Ahok/BTP cuman dapat Rp 170 juta per bulan[4] - masih cuman 1/3nya bayaran Presiden AS.

Namun tentunya ada satu hal yang langsung melambungkan penghasilan jajaran BUMN jauh diatas Presiden negara kode +1 - apakah itu? Ialah Bonus Tahunan Pimpinan atau sering disebut Tantiem[5] yang kalau di Pertamina saja, bisa mencapai Rp 25 Milyar kata Ahok sendiri. Yang kalau dirata-rata perbulan jadi lah lebih dari 2 Milyar/bulan.

Ah tapi itu kan cuman "potensi" bro! Kalau ga sampai target kan biasanya ga dapet bonus.

Haha, teorinya memang begitu. Tapi emangnya Direksi BUMN pekerja yang cuman punya meja kayak kamu, bukan ruangan sendiri? Yang kalau ga nyentuh target ya bonusnya ilang? Naif sekali bung. Kalau sudah di level atas targetnya banyak loh bukan cuman nilai sales/penjualan. Tetap akan dapat, tinggal pertanyaannya seberapa banyak.

Dan itu bisa kita lihat jelas dari laporan tahunan yang memang wajib dirilis setiap BUMN tiap tahunnya.

Karena di laporan tahunan tersebut, biasanya disebutkan "total kompensasi untuk manajemen" (direksi & dewan komisaris) yang berarti sudah mencakup gaji, tunjangan, dan juga bonus selama 1 tahun keuangan.

Untuk Pertamina sendiri, begini hasilnya berdasar LK 2018

Pada bulan Juni lalu, PT Pertamina (Persero) merilis laporan keuangan perusahaan untuk tahun 2018. Dari laporan tersebut diketahui kompensasi untuk manajemen berupa gaji dan imbalan yang diterima mencapai US$ 47,23 juta atau setara Rp 671 miliar (kurs Rp 14.200/dolar AS).

Adapun susunan direksi Pertamina saat itu mencapai 11 orang, sementara komisaris mencapai terdiri dari 6 orang. Artinya, jika dibagi rata ke 17 orang, masing-masing personal bisa mengantongi hingga Rp 39 miliar dalam setahun atau Rp 3,25 miliar per bulan.[6]

Sementara untuk BUMN yang publik (diperdagangkan di bursa), ada 7 yang remunerasi rata-rata per direksinya (belum termasuk komisaris) itu lebih dari Rp 1 M/bulan[7]


Ah ga fair lo! Bandingin sama +62! Udah tahu pasti banyak jatah kanan kiri kalau disini. Coba sama negara lain…

Tapi bahkan dengan negara lain pun…

  • Presiden Amerika bukan kepala negara/pemerintahan dengan gaji terbesar

Di wikipedia ada artikel yang menjabarkan gaji kebanyakan para kepala negara & pemerintahan di dunia[8]

Jawabannya paling "makmur" ya Raja Arab Saudi - tunjangan kerajaannya 9.6 Milyar dollar AS (Rp 144 Triliun, atau sekitar 5% APBN Indonesia 2021[9] )

Bah, tapi kalau dibandingin sama Raja atau kepala negara monarki lainnya ya ga fair lah brow! Raja minyak tanpa parlemen berkuasa absolut masa dilawan.

Oke, tapi bahkan kalau kita bandingkan dengan sesama pemerintahan Republik, penghuni White House di Washington DC itu besar, tetapi bukan nomor wahid.

Ya, untuk negara-negara Republik, Singapura menggaji Presiden & Perdana Menterinya paling mahal sedunia. Sekitar Rp 21 Milyar per tahun / Rp 1.75 M per bulan untuk Presidennya, dan Rp 26 Milyar per tahun / Rp 2.1 M per bulan untuk Perdana Menterinya.

Sebentar, tadi rata-rata di Pertamina berapa? Oh iya, Rp 3.25 M per bulan! Jadi tetap lebih tinggi!

Dalam kata lain, secara rata-rata, pimpinan beberapa BUMN Indonesia itu dibayar pemerintah lebih besar daripada semua kepala negara/pemerintah negara-negara Republik di dunia.


Gile, gile…. pusing bacanya! Bisa gitu ya…

Sebentar, kalau mau minum bodr*x, jangan dulu. Ada satu fakta terakhir nih yang makin wah, cetar membahana…

  • Relatif (dibandingkan) dengan rata-rata nilai ekonomi/penghasilan rakyatnya sendiri, Presiden Indonesia lebih "kaya/makmur" dibanding Presiden AS

Ah jangan ngawur ente! Masa mantan tukang mebel lebih sultan dibanding mantan pengembang borongan properti internasional sih.

Ya secara nilai nominal, jelas lah - RI-1 masih jauh dibawah Presiden AS. "Cuman" ada di angka puluhan juta[10] , jumlah digitnya aja belum sama.

Tapi ada satu indikator ekonomi menarik yaitu rasio gaji kepala pemerintahan dibagi GDP/PDB per kapita

Contoh di dibacanya: Gaji kepala pemerintahan Sudan Selatan (Presiden) itu 263x lipat rata-rata nilai ekonomi/penghasilan rakyat di negaranya.

*Iya, iya, kamu yang sesama lulusan/didikan FE macam saya langsung teriak "tapi kan PDB bukan gaji!" Betul, tapi kita tidak punya data gaji rata-rata semua negara. Jadi ini yang paling mendekati lah. Kalau kamu sudah belajar indikator proxy atau estimator seharusnya sudah ngerti.

Oke, oke, coba buktiin, masa sih Indonesia bisa lebih dari AS…

Jeng jeng, sesama negara Republik, Indonesia ada di urutan 15 dari atas, yang perbandingan penghasilan kepala pemerintahannya paling jomplang dengan rata-rata rakyatnya sendiri.

Penghasilan Presiden RI itu 32x lipat rata-rata rakyatnya sendiri…

Amerika? Jauh dibawah

Ya, bisa dilihat sendiri, Presiden AS penghasilannya "hanya" 6.7x lipat rata-rata rakyatnya sendiri.

Kelihatan juga tuh, kepala pemerintahan (jangan dihitung Rajanya dong) Thailand & Malaysia juga tidak jauh-jauh dari AS, PM Thailand 7.5x lipat penghasilan rata-rata rakyatnya sendiri, sementara Malaysia 6.3x lipat.

Jadi enakan mana kalau mau pansos, mau lebih tinggi dibanding rakyatnya sendiri, Presiden White House atau Presiden Istana Negara?

Ya Istana Negara lah ;)

*Yang tadi mau minum Bodr*x, sekarang dipersilahkan…

Catatan Kaki



Terima Kasih Sudah Membaca ✔️ Sebagai presiden di negara Super Power, berapa gaji Presiden AS ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan sesuai dengan topik 👌,
Terima kasih atas perhatiannya sobat 🙂

Artikel Terkait Lainnya



Back to Top

Subscribe | Daftarkan Email Kamu disini