Terbukti Keturunan Nabi Muhammad SAW, Ini Silsilah / Nasab Habib Sampai Ke Rasulullah

1 komentar | ✍️ Apa Komentar mu ? Tulis komentarmu, klik disini
Artikel Terbaru Lainnya :




 Berdasarkan silsilah, Muhammad Rizieq Shihab merupakan seorang Habib atau keturunan cucu dan cicit Nabi Muhammad SAW. Hal itu sangat jelas mengutip keterangan sejumlah sumber yang merupakan orang-orang dekat orang tua Habib Rizieq sendiri.

Sebelumnya, banyak yang mempertanyakan dari mana asal gelar Habib yang disematkan kepada pendiri organisasi massa Front Pembela Islam (FPI) tersebut. Menurut Habib Zein bin Umar Smith yang merupakan Ketua Umum Rabithah Alawiyah, nasab Rizhieq Shihab ke Nabi Muhammad SAW cukup jelas.

Ia menjelaskan, Habib Rizieq yang lahir pada 24 Agustus 1965 di Jakarta adalah berasal dari Qabilah (marga) Bin Shihab atau Bin Shihabuddin. Habib Zein mengatakan marga Shihabuddin merupakan memang terkenal sebagai ulama besar dan ahli ilmu. Bahkan, hingga kini keturunan Bin Shihab masih dikenal sebagai orang-orang cendekiawan.

“Marga Shihabuddin dikenal sejak dulu sebagai ahli ilmu dan ulama besar, serta punya keluasan ilmu pengetahuan pada tiap zamannya. Sampai kini marga Bin Shihab kebanyakan para intelektual di bidangnya masing-masing,” kata Habib Zein, mengutip detik.com, Sabtu (14/11/2020).








Habib Rizieq Shihab Sangat Jelas Merupakan Cicit Nabi Muhammad Saw

Sementara itu, Ketua Lembaga Pencatatan Nasab Makhtab Addaimi, Rabithah Alawiyah, Ustadz Alatas juga menyatakan hal yang sama. Ia menegaskan jika Habib Rizieq Shihab benar-benar masih keturunan Nabi Muhammad SAW.

Bahkan ia menjelaskan secara gamblang berdasarkan berkas pencatatan silsilah dalam sebuah berkas pada Jumat 13 November 2020 kemarin. Ia menyebut, orang-orang yang meragukan garis keturunan Rizieq adalah orang yang tak mengerti dan tak mengetahui sejarah Nabi.

“Iya benar, yang ragu itu orang yang tidak tahu sejarah,” ujar Ahmad, mengutip suara.com, Jumat (13/11/2020).

Adapun, Ahmad kembali memaparkan Habib Rizieq adalah keturunan dari generasi ke-39 Nabi Muhammad SAW. Akan tetapi, jika melakukan urutan sampai ke Fatimah Az Zahra AS, maka Habib Rizieq merupakan keturunan ke-38.

“Kalau sampai ke Siti Fatimah dia ke-38. Kalau sampai ke Nabi Muhammad SAW dia ke-39,” terang Ahmad lagi.

Untuk dikerahui, Habib Rizieq merupakan anak dari pasangan Habib Husein bin Muhammad Shihab dan Syarifah Sidah Al-Attas. Ayah Rizieq merupakan pendiri Pandu Arab Indonesia (PAI) yang belakangan berganti nama menjadi Pandu Islam Indonesia (PII).\

Habib Husein meninggal pada tahun 1966, kurang lebih satu tahun setelah kelahiran Habib Rizieq. Setelah kepergian sang ayah, Habib Rizieq di asuh oleh sang ibu yang juga seorang ahl al-bait.

Berikut Nasab Rizieq Shihab Berdasarkan Catatan Makhtab Addaimi:

Fatimah Az Zahra AS binti Muhammad SAW – Al Husein AS bin Fatimah – Ali Zainal Abidin AS bin Al Husein AS – Muhammad al-Baqir AS bin Ali Zainal Abidin AS – Jafar Ash Shadiq AS bin Muhammad Al Baqir

Ali Uraidhy bin Jafar – Muhammad an Nagieb – Isa Arrumi – Ahmad Almuhajir – Ubaidillah – Alwi Alawiyyin – Muhammad bin Alwi – Alwi bin Muhammad

Ali (khali’ qasam) – Muhammad (Shohib Marbath) – Ali bin Muhammad – Muhammad (Al Faqih Al Muqoddam) – Alwi (Al Ghayyur) – Ali bin Alwi

Muhammad (Al Mauladawilah) – Abdurrahman (Assegaf) – Syaikh Abubakar (Assakran) – Ali (Shohib Al Wirid Al Al Sakran) – Abdurrahman bin Ali

Syahabudin (Al Akbar) – Abdurrahman (Al Qhodi) (2/190) – Syahabudin (Al Asghor) (2/212) – Muhammad (2/212) bin Syahabudin – Ali bin Muhammad

Muhammad bin Ali (2/221) – Syaich bin Muhammad – Muhammad bin Syaich – Husein bin Muhammad – Abdullah bin Muhammad

Husein bin Abdullah – Muhammad bin Abdullah – Husein bin Muhammad – Muhammad Rizieq (Ketua FPI).

SILSILAH KETURUNAN HABIB RIZIEQ SHIHAB

Editor: Indra Hidayat Pohan

Rabithah Alawiyah, Organisasi Pencatat Para Keturunan Nabi Muhammad SAW di Indonesia

Sosok Muhammad Rizieq Shihab dikenal secara luas sebagai salah satu keturunan Nabi Muhammad SAW. Meski demikian, Tentu ada keraguan dari berbagai pihak yang kemudian menimbulkan pro dan kontra terkait dengan hal tersebut. Terlebih dengan gelarnya sebagai seorang habib.

Namun keraguan tersebut sirna setelah Lembaga Pencatatan Nasab Makhtab Addaimi, Rabithah Alawiyah mengkonfirmasi bahwa Habib Rizieq Shihab memang benar merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW. Lantas, siapakah lembaga Rabithah Alawiyah yang mencatat asal usul Habib Rizieq tersebut?



Organisasi pencatat keturunan Nabi Muhammad SAW di Indonesia

Habib Zein bin Umar bin Smith menunjukkan foto para sayyid di ruangan kerja Rabithah Alawiyah [sumber gambar]

Rabithah Alawiyah didirikan secara resmi pada 27 Desember 1928, yang kemudian disahkan oleh akta notaris Mr. A.H. Van Ophuijsen No. 66 tanggal 16 Januari 1928. Pencatatan perdana terhadap para keturunan Alawiyin di Indonesia sendiri mulai dilakukan pada tahun 1932 hingga saat ini. Mereka yang lolos validasi berdasarkan nasab, berhak menyandang gelar habib di depan namanya.

Berupaya memberantas habib palsu yang ada di Indonesia

Para sufi dari Timur Tengah saat bertemu di kantor Rabithah Alawiyah [sumber gambar]

Selain menghimpun kaum Alawiyin yang ada di Nusantara, keberadaan Rabithah sekaligus menjadi validasi tentang gelar habib yang disematkan pada individu tertentu. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencekalan sekaligus memberantas oknum-oknum tertentu yang menyandang gelar ‘habib’ namun tak memiliki silsilah nasab yang jelas. Pemberantasan habib palsu ini ditujukan guna menjauhkan citra buruk dari keturunan Alawiyin

Keluarkan bukti Habib Rizieq Shihab adalah keturunan Nabi Muhammad SAW

Silsilah Habib Rizieq sampai Nabi Muhammad SAW [sumber gambar]

Rabithah Alawiyah juga mengeluarkan bukti bahwa Muhammad Rizieq Shihab yang saat ini tengah jadi sorotan luas, merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW. Hal ini dijelaskan oleh Ketua Lembaga Pencatatan Nasab Makhtab Addaimi, Rabithah Alawiyah, Ustaz Ahmad Alatas, bahwa Rizieq Shihab merupakan keturunan ke-38 jika diurut sampai ke Fatimah Az Zahra AS, dan keturunan dari generasi ke-39 Nabi Muhammad SAW.

Organisasi lain yang juga mencatat nasab Alawiyin

Himpunan Nasab Al-Alawiyin yang dikeluarkan oleh Naqobatul Asyrof Al-Kubro [sumber gambar]

Selain Rabithah Alawiyah, ada pula organisasi serupa yang mencatat nasab atau keturunan Nabi Muhammad di Indonesia yang bernama Naqobatul Asyrof Al-Kubro. Ketuanya adalah Al-Habib Zainal Abidin bin Sagaf Assegaf, yang dulu pernah bekerja di Rabithah sejak tahun 1991 hingga 1998 sebagai tim nasab.

Rabithah Alawiyah hingga saat ini dipandang sebagai organisasi yang mencatat sekaligus memelihara nasab para Alawiyin di Indonesia. Selain karena silsilah keturunan dari Nabi Muhammad SAW, mereka yang disahkan secara resmi berdasarkan bukti yang valid, berhak menyandang gelar habib di depan namanya.



Terima Kasih Sudah Membaca ✔️ Terbukti Keturunan Nabi Muhammad SAW, Ini Silsilah / Nasab Habib Sampai Ke Rasulullah

loading...


1 komentar:

  1. Sukran ya habibana...اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sesuai dengan topik 👌,
Terima kasih atas perhatiannya sobat 🙂

Artikel Terkait Lainnya

Back to Top

Subscribe | Daftarkan Email Kamu disini