Video Langka: Presiden Soeharto Sangat Berwibawa Tanpa Plonga Plongo Bicara Pakai Bahasa Inggris dengan Presiden AS Ronald Reagan

0 komentar | ✍️ Apa Komentar mu ? Tulis komentarmu, klik disini
Artikel Terbaru Lainnya :






Video langka HM Suharto berbicara tanpa penerjemah di pertemuan resmi International, berbahasa Inggris langsung dengan Presiden AS Ronald Reagan, saat kunjungan beliau ke USA 12 Oktober 1982.

Dalam video itu, selain kelancaran bahasa Inggris, Soeharto juga tampak sangat berwibawa. Gesture nya tidak nundak-nunduk atau cengar cengir apalagi planga plongo. Pemimpin yang berwibawa dan disegani oleh negara lain.




Di tahun 90an juga sempat ditayangkan tivi  swasta beliau mengajar bahasa Indonesia ke beberapa pemuda dari berbagai negara yang sedang jadi tamu negara, dengan pengantar bahasa Inggris. Saat main golf dengan Sly Stalone juga beliau juga berbahasa Inggris. Selalu terlihat pakai penerjemah bukan karena tidak fasih English, tapi ingin membudayakan Bahasa Indonesia.

Menurut jubir kala itu, footages beliau berbahasa Inggris selalu zoom out dan jarang dipublikasikan, karena beliau tidak mau dicap tidak mencintai bahasanya sendiri. Pertemuan private tanpa pers, pertemuan dua mata dengan pemimpin negara lain yang sama² bisa English, Suharto menggunakan English. Video ini saat persiapan dialog 4 mata dengan Reagan.

Btw, perhatikan gesture beliau yang tenang dan berwibawa, kangen punya sosok pemimpin negara yang auranya kaya gitu.

Allaahummaghfirlahu. Warhamhu wa’aafihii wa’fu anhu...

[Video]


Terima Kasih Sudah Membaca ✔️ Video Langka: Presiden Soeharto Sangat Berwibawa Tanpa Plonga Plongo Bicara Pakai Bahasa Inggris dengan Presiden AS Ronald Reagan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan sesuai dengan topik 👌,
Terima kasih atas perhatiannya sobat 🙂

Artikel Terkait Lainnya



Back to Top

Subscribe | Daftarkan Email Kamu disini