Jejak Kejayaan Andalusia dan Gereja - gereja yang Berarsitektur Islam Di Spanyol

0 komentar | ✍️ Apa Komentar mu ? Tulis komentarmu, klik disini
Artikel Terbaru Lainnya :






Sekilas ada yang aneh ya dengan judul di atas. Yap, secara yang namanya gereja harusnya berarsitektur Kristen dong, kok malah berarsitektur Islam? Namun dari informasi yang kudapat dari internet, gereja-gereja berarsitektur Islam banyak terdapat di Eropa, terutama di Spanyol. 

Ini karena Spanyol sempat lama menjadi wilayah kekuasaan kekhalifahan Muslim. Selain itu ada pula beberapa gereja di luar Spanyol yang menerapkan elemen-elemen tertentu dari arsitektur Islam, walaupun tak seluruhnya. Nah, dalam postingan ini aku akan membahas keunikan gereja-gereja tersebut.




Bukan rahasia lagi kalau wilayah kekuasaan Muslim dulu mencakup tak hanya di Timur Tengah, namun hingga Eropa, yakni wilayah semenanjung Iberia (sekarang Spanyol dan Portugal). Spanyol sempat dikuasai Muslim sejak abad ke-9. Selama 4 abad berkuasa, bangsa Muslim meninggalkan warisan berupa gaya arsitektur khas yang disebut gaya Moorish.

Kekuasaan Muslim kemudian berakhir pada abad ke-13 ketika Spanyol kembali direbut oleh kaum Katolik dalam peristiwa “Reconquista” atau “Penaklukan Kembali”. Namun sejarah perkembangan arsitektur Islam di Eropa tak berhenti di situ. Walaupun para arsitek Muslim sudah angkat kaki dari Spanyol, gaya arsitektur Moorish khas Islam terus dipelajari oleh arsitek2 Katolik dan melahirkan suatu gaya yang disebut gaya Mudejar. Gaya arsitektur ini sangat unik karena merupakan perpaduan gaya arsitektur Islam dengan Kristen. Gaya Mudejar ini kemudian diadopsi untuk membangun gereja-gereja yang banyak bertaburan di Spanyol.

Cover_gb_5411_Venice copy


Ciri khas gaya Mudejar ini sebagai berikut.


1. Batu Bata
Gaya Mudejar, seperti pendahulunya gaya Moorish, menggunakan batu bata sebagai bahan utama bangunannya. Kadang batu batanya dibuat berseling-seling.


2. Bentuk dan Letak Menara
Menara gereja bergaya Mudejar mirip dengan menara masjid, yaitu berbentuk quadrangular (bersegi genap), misalnya segi empat, enam, dan delapan. Menara ini disebut sebagai gaya Alhomad dan kini bisa dijumpai di Spanyol dan Maroko. Contoh di sebelah kiri adalah menara Majsid Agung Cordoba (sekarang Katedral Mezquita) dan sebelah kanan adaah menara gereja di Spanyol. Mirip bukan?



Menara Giralda   mudejar2.jpe


Perbedaan utama antara minaret dan menara gereja adalah letaknya. Minaret umumnya terletak terpisah dari bangunan masjid (berdiri sendiri), sedangkan menara gereja umumnya dibuat menyatu dengan bangunan gereja. Namun akibat dari pengaruh gaya Islam, banyak pula dibangun menara gereja yang terpisah dari bangunan gereja.


3. Keramik
Dinding menara biasanya dihiasi dengan piringan keramik.


tower_and_basilica_of_our_lady_of_the_pillar_600-02056750


4. Lengkung Tapal Kuda
Lengkung bentuk tapal kuda (horse-shoe arch) adalah ciri khas gaya Moorish yang dipatuhi oleh Gaya Mudejar. Contoh lengkung tapal kuda dapat dilihat di Mezquita (Masjid Agung Cordoba) yang kini dialihfungsikan menjadi Katedral Cordoba.


mezquita cordoba
cordoba2


5. Ragam Hias Berpola Geometris
Adanya hiasan berupa pola geometris yang merupakan ciri khas arsitektur Islam. Pola geometris lebih disukai arsitek Muslim sebab dalam Islam ada ajaran yang melarang penggunaan motif manusia dan hewan. 
magdalenazaragoza
Art_mudejar_saragosse


Gaya Mudejar di Spanyol berkembang pesat terutama di Provinsi Aragon dan dapat ditemui di kota-kota seperti Teruel, Zaragoza, Toledo, Utebo, dan lain-lain. tak heran, gereja-gereja dan katedral di kota-kota tersebut agak mengingatkan kita pada bangunan masjid. Berikut ini adalah beberapa contohnya.


1. Basilica Our Lady of Pillar (Zaragoza)


800px-Basilica_del_Pilar-sunset


Gereja ini dibangun antara tahun 1681-1872 dengan gaya arsitektur dominannya adalah barok. Namun pengaruh Islam sangat kentara pada gereja ini, terutama pada kubahnya yang berwarna-warni.


762px-Basilica_del_Pilar_ZaragozaAragon(Spain)




2. Katedral La Seo (Zaragoza)
420px-La_Seo_del_Salvador


Gereja ini dibangun di atas apa yang dulunya reruntuhan sebuah masjid. Gereja ini dibangun pada abad ke-12 dengan gaya arsitektur campuran Gotik dan Mudejar. Pengaruh arsitektur Islam sangat terlihat pada dekorasi dinding luarnya.


800px-Zaragoza-La-Seo-1


3. Gereja Paroki Santa Maria (Zaragoza)


iglesia_santa_maria_tauste_t5000378


Gereja ini dibangun pada abad ke-13 dengan gaya Gotik. Namun bagian utama yang paling menyolok dari gereja ini adalah menaranya yang berbentuk oktagonal (segi delapan) dan bergaya khas Mudejar.



4. Katedral San Pedro (Teruel)
406px-TorreSanPedro


Katedral ini dibangun pada abad ke-13. Pengaruh gaya Islam sangat nampak pada bentuk menara hingga hiasan pada langit-langitnya yang bermotif geometris.



Teruel-Mudejar
800px-Techumbre_mudejar_Catedral_de_Teruel
5. Menara San Martin (Teruel)
399px-Torre_de_San_Martn_(Teruel)
Menara ini dibangun pada tahun 1316 dengan gaya Mudejar. Pengaruh Islam sangat jelas terlihat pada bentuknya yang menyerupai menara masjid yang dihiasi lapisan keramik. 
39963_torre mudejar de san martin teruel_big
6. Gereja Santa Maria (Utebo)
185px-Utebo_-_Torre_de_la_iglesia_Editada
Gereja ini dibangun dalam dua tahap, yaitu pada abad ke-16 dengan gaya Mudejar dan abad ke-18 dengan gaya Barok. 
441300661_60469ca28a_z
7. Gereja Santa Maria Magdalena (Zaragoza)
254px-Torre_de_la_Magdalena
Gereja ini awalnya dibangun pada tahun 11 26 dengan bangunan bergaya Romanesqua. Namun kemudian pada abad ke-14, gereja ini mengalami perombakan besar-besaran menjadi bangunan bergaya Mudejar. 
8. Gereja San Pablo (Zaragoza)
Zaragoza_-_San_Pablo_-_Torre
Gereja ini dibangun pada awal abad ke-14 dengan gaya arsitektur campuran Gotik – Mudejar. Gaya Mudejar mata kental pada bentuk menaranya. 
r2_i_san_pablo_zaragoza_t5000131
9. Biara San Pablo (Castille-Leon)
san_pablo_penafiel_t4700283
 10. Menara San Marco (Seville)
Menara gereja San Marco didirikan pada abad ke-14 dan sengaja dibangun menyerupai menara Giralda, yaitu bekas minaret Masjid Agung Seville.

Tak hanya gereja di daratan Eropa saja, namun gereja-gereja yang dibangun di daerah jajahan Spanyol juga dibuat bergaya Mudejar. Gaya ini disebut gaya Mudejar Kolonial. Misalnya Katedral Tlaxcala di Mexico ini. Bagian atapnya dihiasi dengan motif geometris khas Islam. 
evegrinstead009
Gaya Mudejar juga tampak di beberapa bangunan sekuler, misalnya pada stasiun kereta di kota Toledo ini. 
410px-Train_station_of_Toledo,_Spain_01
Salah satu bukti pengaruh arsitektur Islam di Eropa terdapat di Venesia, Italia. Hubungan itu disebabkan adanya sejarah hubungan dagang yang panjang antara Venesia dengan Dunia Arab. Venesia memang pernah dijuluki sebagai “Bazaar Eropa” karena letaknya yang strategis di Laut Mediterania menjadikannya pusat perdagangan di Eropa. Di sinlah kebudayaan Barat dan Timur bertemu melalui interaksi para pedagang. 
Ingin buktinya? Ini dia. Pertama adalah Basilika San Marco dan Gereja Santa Maria della Salute yang merupakan dua gereja paling terkenal di Venesia. 
Marcus-cathedral-doges-palace-5310
374871950_36bd1cafe3_z
9459712-campanile-and-santa-maria-della-salute-cathredral-venice-italy
Kubah dari dua gereja ini dipercaya terinspirasi oleh kubah buatan arsitek Muslim, Mimar Sinan. Arsitek Muslim ini terkenal karena merancang salah satu masjid terindah di dunia, yaitu Masjid Sultan Ahmed atau yang lebih dikenal dengan sebutan masjid Biru di Istambul, Turki. 
Architectural_Links_East_West_1
Namun masjid ini sebenarnya mengadopsi bentuk gereja Hagia Sophia, jadi ujung2nya balik ke arsitektur Kristen juga sih. 
HagiaSophia-Hagia_sofia_miniaturk_02824
Kedua adalah letak menara pada kedua gereja tersebut diletakkan terpisah dengan bangunan gereja. Hal ini juga merupakan ciri khas arsitektur Islam. 
basilica_campanile_piazza_san_marco_350_p1030593
Bukti lainnya adalah bentuk jendela pada Istana Doge atau Palazzo Ducale yang mengingatkan kita pada bentuk lengkung tapal kuda khas Islam. Uniknya, gaya ini dipadukan dengan gaya gotik sehingga bentuk tersebut tidak terlalu kentara. 
doges-palace-venice-vndpal2
42-25560893
Pengaruh Islam yang sama juga tampak pada Basilika St. Anthony Padua yang bentuk kubah, bahkan bentuk menaranya mengingatkan kita pada masjid dan minaret bergaya Turki.


Arsitektur Islam juga mewabah hingga Prancis. Buktinya ada di Katedral Le Puy yang sangat kental dengan nuansa Moorish. 
415px-Le_Puy_en_Velay_03
chemin005
Contoh lain yang lebih terlihat adalah Katedral Marseilles (Prancis). 
22
Bahkan bagian interiornya sangat mirip dengan interior Mezquita di Cordoba (Spanyol). 
marseille_cathedral_interior_by_saladdin-d3csv17
Cordoba


Nah, unik bukan gereja-gereja tersebut? Bagaimana menurut kalian? 



Terima Kasih Sudah Membaca ✔️ Jejak Kejayaan Andalusia dan Gereja - gereja yang Berarsitektur Islam Di Spanyol

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan sesuai dengan topik 👌,
Terima kasih atas perhatiannya sobat 🙂

Artikel Terkait Lainnya



Back to Top

Subscribe | Daftarkan Email Kamu disini