Laboratorium Ternama AS: Peradaban Tertua di Dunia ada di Tatar Sunda

0 komentar | ✍️ Apa Komentar mu ? Tulis komentarmu, klik disini
Artikel Terbaru Lainnya :






Sebuah bangsa akan mengalami puncak peradaban tertinggi manakala Negara mampu memahami potensi terbesar dari bangsanya sendiri, lalu mengolah potensi itu menjadi energi untuk membangun bangsanya.

Ketika bangsa itu tak mampu memahami potensinya sendiri dan justru mengebiri nilai sejarahnya sendiri, maka tak mungkin menjadi bangsa yang besar.

Siapa sangka bahwa Indonesia memiliki situs purbakala yang usianya lebih tua dari Piramida Mesir?




Gunung Padang adalah sebuah kawasan situs Megalitikum berupa tumpukan batu punden berundak yang berada di Kabupaten Cianjur Jawa Barat.

Situs ini merupakan Situs Purbakala yang paling besar di Asia Tenggara, bahkan tidak menutup kemungkinan akan menjadi yang terbesar di dunia.

Dr. Ali Akbar seorang peneliti prasejarah dari UI yang juga merupakan ketua tim riset TTRM mengatakan jika di lakukan penggalian di Situs Gunung Padang ini besar kemungkinan akan di temukan bangunan yang besarnya mencapai 3 kali lipat dari Candi Borobudur.

Jika dilihat dari luas keseluruhan kompleks Candi Borobudur yang hanya 1,5 hektar, maka Situs Megalitikum Gunung Padang ini bahkan bisa mencapai 10 kali lebih luas dengan total keseluruhan luas kompleksnya yang mencapai 15 hektar.






Yang menarik, hasil uji lab coring sample batu di Gunung Padang yang dilakukan oleh Badan Tenaga Atom milik Amerika Serikat, di Miami Florida AS, yang menjadi rujukan antropolog dan arkeolog dunia, telah merilis hasil uji karbon pada sampel coring yang ada di sejumlah titik. Hasilnya menunjukkan bahwa usia Situs Gunung Padang ini lebih tua dari 11 ribu tahun.
Bahkan yang lebih mengejutkan lagi yaitu adanya temuan pada kedalaman lapisan 5-12 meter yang di perkirakan berusia lebih tua dari 25.000 Tahun SM atau sepuluh kali lipat lebih tua ketimbang usia Piramida Giza di mesir.
Hasil penelitian Tim Terpadu Riset Mandiri (TTRM) maupun peneliti dari luar negeri, di temukan fakta-fakta yang membuktikan bahwa Situs Gunung Padang memiliki usia yang sudah sangat tua. Bahkan menjadi peninggalan peradaban yang tertua di muka bumi !!
Jika selama ini sering disebutkan bahwa sejarah Peradaban manusia di seluruh dunia berawal dari Mesopotamia dan Mesir yang telah berusia 2500 SM, dengan bangunan Piramida Giza yang dianggap sebagai bangunan piramida tertua di dunia.
Namun bila ternyata nanti hasil berbagai riset ilmiah yang dilakukan terbukti bahwa hasil penelitian di Gunung Padang memang menunjukkah hasil jauh lebih tua dari 25.000 tahun SM, maka otomatis sejarah dan peta peradaban dunia akan berubah.



Bukan lagi di Mesopotamia atau Mesir yang menjadi awal Peradaban manusia di dunia, melainkan di Indonesia atau di Tatar Sunda yang akan menjadi tanah nenek moyang bangsa-bangsa di dunia !!
Sampai dengan saat ini, situs Gunung Padang masih dalam proses penelitian para arkeolog dunia, setidaknya bukti awal menunjukkan bahwa Situs Megalitikum Gunung Padang telah berusia 13.000 – 25.000 SM.
Uniknya Indonesia…. [jk/tgr]
Patut diketahui, pada zaman dahulu yang dimaksudkan dengan Tatar Sunda atau Sundaland bukan hanya terdiri dari wilayah provinsi Jawa Barat saja, tapi meliputi Pulau Jawa secara keseluruhan, pulau Sumatera, Kalimantan, dan Semenanjung Malaya yang kini menjadi bagian dari negeri Malaysia semenanjung dan Thailand.



Terima Kasih Sudah Membaca ✔️ Laboratorium Ternama AS: Peradaban Tertua di Dunia ada di Tatar Sunda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan sesuai dengan topik 👌,
Terima kasih atas perhatiannya sobat 🙂

Artikel Terkait Lainnya



Back to Top

Subscribe | Daftarkan Email Kamu disini