Seperti apa peta Indonesia pada zaman dahulu?

0 komentar | ✍️ Apa Komentar mu ? Tulis komentarmu, klik disini
Artikel Terbaru Lainnya :






Kapan daerah Indonesia dipetakan sulit untuk ditentukan. Berbagai kartografer telah mencoba untuk memetakan daerah ini semenjak ratusan tahun lalu. Salah satu peta awal yang mungkin menunjukan keberadaan Asia Tenggara adalah peta yang dibuat oleh Ptolemy pada abad ke 2. Pada peta tersebut juga terlihat adanya teluk bernama MAGNVS SINVS (Magnus Sinus/Teluk besar) yang menunjukan daerah teluk Thailand dan Laut Tiongkok utara. Terdapat pula daerah Aurea Chersonesus (Semenanjung emas) yang menunjukan semenanjung Malaya. Namun kepulauan Nusantara belum tercantum secara jelas pada peta ini.





  1. A mid-15th century Florentine map of the world based on Jacobus Angelus's 1406 Latin translation of Maximus Planudes's late-13th century rediscovered Greek manuscripts of Ptolemy's 2nd-century Geography.  

Pada abad ke 16, keberadaan kepulauan nusantara mulai tercantumkan pada berbagai peta. Salah satu peta tersebut adalah peta asia tenggara yang dibuat oleh Giacomo Gastaldi (1561). Meskipun telah mencantumkan berbagai pulau seperti sumatra, jawa, dan kalimantan, letak dan ukuran pulau yang ada masihlah jauh berbeda dengan kenyataan.

  1. 1561 map of East Asia by Giacomo Gastaldi, published in 1580. 

Dengan semakin berkembangnya teknologi satelit, Peta Indonesia saat ini sudah semakin baik. Meskipun begitu, hingga saat ini, Peta indonesia yang sesungguhnya masih belum dapat dibuat. Salah satu alasannya karena Indonesia yang memiliki ribuan pulau yang bahkan hingga saat ini, jumlahnya belum dapat ditentukan.

(Google maps, 2020)

Bonus: Evolusi peta Asia Tenggara dari masa ke masa



Terima Kasih Sudah Membaca ✔️ Seperti apa peta Indonesia pada zaman dahulu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan sesuai dengan topik 👌,
Terima kasih atas perhatiannya sobat 🙂

Artikel Terkait Lainnya



Back to Top

Subscribe | Daftarkan Email Kamu disini