10 Keanehan Tentang WAKTU yang jarang diketahui

0 komentar | ✍️ Apa Komentar mu ? Tulis komentarmu, klik disini
Artikel Terbaru Lainnya :








10 keanehan tentang waktu yang jarang diketahui:

1) Durasi sebenarnya sebuah hari

Kita menerima begitu saja bahwa durasi satu hari sama dengan 24 jam, atau waktu yang diperlukan oleh bumi untuk melakukan rotasi penuh pada dirinya sendiri. Pada kenyataannya tidak begitu.

Pengukuran waktu aktual satu hari setara dengan 23 jam, 56 menit dan 4,2 detik. Namun benar, untuk menentukan bahwa nilai ini bisa lebih panjang karena gaya tarik bulan atau faktor-faktor lain yang berasal dari iklim.

2) Semakin hari semakin lebih lama

Ketika dinosaurus menghuni planet kita (sekitar 230 juta tahun yang lalu) durasi satu tahun adalah 370 hari.

Mengapa turun ke 365 hari ini?

Untuk memahami hal ini, perlu diketahui bahwa rotasi bumi mengalami perlambatan terus menerus yang tak terhentikan karena gravitasi bulan. Karena fenomena ini, durasi sehari selalu lebih lama sekitar 1,7 milidetik per abad.

3) Kepala kita menua sebelum kaki!

Teori relativitas Einstein menetapkan bahwa semakin dekat ke pusat bumi, maka semakin lama waktu berlalu.

Untuk mengkonfirmasi teori ini, beberapa ilmuwan telah menunjukkan bahwa di atas "atap dunia", atau Gunung Everest, setahun akan sekitar 15 mikrodetik lebih pendek daripada di permukaan laut.

4) Masa kini adalah ilusi

Bagi fisika, "masa kini" adalah konsep abstrak karena ruang dan waktu dipahami sebagai "fluida" dan secara terus menerus dipengaruhi oleh gravitasi dan kecepatan.

Tepat pada konsep inilah Albert Einstein menyatakan: "Bagi kami fisikawan, perbedaan antara masa lalu, sekarang dan masa depan hanyalah ilusi, betapapun gigihnya."

5) Cahaya mewakili salah satu keanehan terbesar tentang waktu

Cahaya Matahari membutuhkan 8 menit dan 20 detik untuk mencapai planet kita. Ini berarti bahwa semua yang kita lihat adalah cerminan masa lalu. Bayangkan bahwa cahaya bintang terdekat, Proxima Centauri, berusia 4 tahun.

6) Mengapa waktu tampaknya mengalir lebih cepat seiring bertambahnya usia?

Setiap pengalaman baru yang kita buat selama hidup kita tampaknya lebih lama daripada pengalaman yang sudah lewat.

Ini disebut "oddball effect" dan tampaknya menjadi alasan mengapa perjalanan waktu tampaknya menjadi lebih cepat dan lebih cepat seiring bertambahnya usia.

Oleh karena itu wajar untuk berharap tidak pernah berhenti membuat pengalaman baru, mungkin itu adalah trik untuk tetap awet muda dan memperlambat laju waktu yang tak terhindarkan.

7) Semakin cepat berarti semakin banyak waktu

Adalah fakta bahwa waktu berlalu lebih lambat semakin cepat kita bergerak. Secara hipotesis jika kita dapat melakukan perjalanan dari bumi ke bintang Sirius dengan kecepatan 99% dari cahaya, dan kemudian kembali, orang-orang yang akan kita sapa pada saat keberangkatan akan bertambah usia 17 tahun. Dan KITA? Usia kita hanya akan meningkat dua setengah tahun.

8) Pertanyaan tentang ukuran

Menurut pengetahuan kita saat ini, alam semesta berusia 13,8 miliar tahun.

Jika kita dapat mengompresi kerangka waktu ini hanya dalam satu tahun, dengan asumsi bahwa Big Bang terjadi pada pukul 00:00:01 pada tanggal 1 Januari, dinosaurus akan mati dari planet kita pada tanggal 29 Desember.

Kita manusia akan muncul hanya pada jam 11:54 malam dan Christopher Columbus akan menyeberangi Atlantik menuju Amerika hanya beberapa detik sebelum tengah malam.

9) Satu menit dari 61 detik

Seperti yang telah kita lihat dalam keanehan pada waktu sebelumnya, rotasi bumi melambat dan karenanya hari-hari cenderung memanjang perlahan.

Ini berarti bahwa secara berkala jam tangan kita harus disesuaikan dengan fenomena ini, tetapi bagaimana cara melakukannya?

International Rotation Service (IERS) adalah organisasi ilmiah global yang menjamin perhitungan waktu astronomi yang tepat.

Berkat pemantauan terus menerus mereka terhadap rotasi bumi dan semua faktor yang memengaruhi perlambatannya, mereka dapat menghitung kapan menjadi perlu untuk menambahkan satu detik ke arloji kita.

"Perpanjangan" menit ini disebut "leap second", dalam "English leap second".

Terakhir kali itu perlu dilakukan adalah pada 31 Desember 2016 pukul 11.59 malam, yang berikutnya masih belum diputuskan.

10) Akankah waktu berakhir?

Setelah semua rangkaian keingintahuan tentang waktu ini saya percaya bahwa sebuah pertanyaan dapat muncul secara spontan, akankah waktu berakhir?

Sulit untuk memberikan jawaban yang pasti, namun teori relativitas menunjukkan bahwa alam semesta mengembang dan akan terus melakukannya secara tak terhingga.

Para ilmuwan terus mempelajari konsep waktu dan sampai saat ini beberapa ahli fisika teoritis menyatakan bahwa waktu akan berakhir atau membeku dalam empat miliar tahun ke depan.

Setelah mengatakan bahwa waktu adalah satu hal yang selalu menjadi yang paling pasti, waktu adalah pusat dari keberadaan kita, itu adalah aset yang sangat berharga yang tidak dapat kita miliki tetapi kita harus belajar untuk mengelola dan menghargainya sebaik mungkin!


Interesting facts - BestVersilia.com



Terima Kasih Sudah Membaca ✔️ 10 Keanehan Tentang WAKTU yang jarang diketahui

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan sesuai dengan topik 👌,
Terima kasih atas perhatiannya sobat 🙂

Artikel Terkait Lainnya



Back to Top

Subscribe | Daftarkan Email Kamu disini