Ternyata Orang Orang Kaya Raya (Tajir) di Jakarta Itu kebanyakan Tinggal disini ...

0 komentar | ✍️ Apa Komentar mu ? Tulis komentarmu, klik disini
Artikel Terbaru Lainnya :









Saya coba jawab menurut level kekayaannya dari yang tertinggi sampai yang terendah.

Level 1. Menteng

Menteng merupakan perumahan villa pertama di kota Jakarta (dulu Batavia), yang dikembangkan antara tahun 1910 dan 1918. Perancangnya adalah tim arsitek yang dipimpin oleh P.A.J. Mooijen, seorang arsitek Belanda yang merupakan anggota tim pengembang yang dibentuk pemerintah kota Batavia.

Sejak masa kemerdekaan hingga saat ini Menteng menjadi tempat tinggal para perwakilan asing, petinggi negara, konglomerat kaliber super, dan keturunannya.

Level 2. Kebayoran Baru (Senopati, Pattimura, Wijaya, Panglima Polim)

Kebayoran Baru merupakan wilayah pemukiman baru yang dirancang setelah kemerdekaan Indonesia, seperti juga daerah Pejompongan. Kebutuhan pemukiman cukup mendesak karena Jakarta memerlukan banyak fasilitas publik sebagai pusat pemerintahan Indonesia.

Wilayah ini dirancang oleh H Moh. Soesilo pada tahun 1948. Soesilo adalah murid Thomas Karsten, arsitek Hindia Belanda yang ikut merancang Bandung, Malang, dan Bogor pada masa penjajahan. Konsep yang digunakan adalah "kota taman", konsep yang banyak dipakai oleh para pengembangan properti modern.

Pada awalnya, Kebayoran Baru dibagi menurut blok (Blok A sampai Blok S), sesuai dengan tipe peruntukan dan ukuran perumahan yang dibuat. Hingga saat ini, penyebutan dengan blok-blok masing sering terdengar dan lebih populer daripada penyebutan nama kelurahannya.

Kebayoran baru semakin bersinar berkat posisinya yang dekat dengan kawasan strategis seperti SCBD dan Senopati.

Level 3. Kemang dan Pondok Indah

Walaupun kedua kawasan ini agak berjauhan, menurut penulis Kemang dan Pondok Indah berada dalam satu level. Kemang walaupun lebih dekat ke Kebayoran Baru, pemukimannya lebih padat dan jalannya sempit, belum lagi kerawanan akan banjir yang beberapa tahun terakhir makin sering datang. Tempat hiburan dan wisata kuliner di daerah ini pun kian meredup dengan makin ramainya kawasan Senopati.

Pondok Indah adalah salah satu kawasan pemukiman mewah terkenal di wilayah Jakarta Selatan. Banyak terdapat rumah rumah konglomerat, ekspatriat, serta artis artis ibu kota. Ketidaksadaran warga perumahan ini untuk meninggalkan kendaran pribadi dan beralih menggunakan kendaraan umum, menjadikan jalan Metro Pondok Indah sempit dan macet.

Pondok Indah sebagian terletak di Kelurahan Pondok Pinang, Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Seiring perkembangan kawasan permukiman lain di Jakarta dan kota penyangganya, pesona Pondok Indah sebagai area pilihan kaum elit semakin tergeser.

Level 4. Pantai Indah Kapuk

Pantai Indah Kapuk (PIK) adalah sebuah kompleks perumahan yang terletak di Penjaringan, Jakarta Utara dan Kapuk, Jakarta Barat. PIK adalah salah satu kompleks perumahan paling bergengsi di Jakarta, bersama Menteng, Pondok Indah, dan Puri Indah. Walaupun sebagian besar diisi perumahan, PIK juga memiliki pertokoan di jalan-jalan utama, seperti di Jl. Pantai Indah Utara, Jl. Pantai Indah Selatan, dan Jl. Marina Indah. The Cordoba dan Crown Golf di Jalan Marina Indah Road terkenal akan restoran dan kafenya. PIK dapat diakses dari Tol Bandara Jakarta, Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta Barat, serta dari Pluit dan Muara Karang.

PIK yang merupakan kawasan hasil pengembangan Agung Sedayu Grup kini menjadi pilihan utama warga keturunan untuk bermukim di Jakarta.

Level 5. Bintaro

Walaupun sebenarnya hanya nama kelurahan di kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Nama Bintaro sudah menjadi trademark kawasan permukiman elit dengan nama Kawasan Bintaro Jaya, yang sebagian besar areanya masuk ke wilayah Tangerang Selatan, Banten.

Bintaro menjadi pilihan pemukiman karena wilayahnya yang tertata dan memiliki fasilitas penunjang yang memadai.

Level 6. BSD, Alam Sutera, Karawaci

Merupakan kawasan yang dikembangkan para Developer ternama tanah air. Ketiga wilayah ini seperti hal nya Bintaro dibangun dengan tata kota yang baik dan fasilitas penunjang mumpuni. Walau berada cukup jauh dari Jakarta, tapi aksesabilitas melalui tol, KRL, (dan juga MRT nantinya) menjadikan banyak kaum menengah atas Jakarta memilih bermukim di sini.

Level 7. Cibubur, Depok, dan Bekasi

Orang kaya level terkakhir memilih bermukim di sini. Mirip-mirip dengan kawasan BSD, Alsut, dan Karawaci, namun fasilitas penunjang dan tata kotanya masih tidak sebaik mereka. Harga tanah dan pemukiman yang lebih miring juga harus dikompensasikan dengan kemacetan dan dekatnya pemukiman dari kawasan industri.

Tambahan

Mohon maaf kalau ada kawasan yang belum terwakili. Jawaban ini hanya berdasarkan pengamatan pribadi penulis. BTW, terima kasih untuk dukung naik nya. 😁



Terima Kasih Sudah Membaca ✔️ Ternyata Orang Orang Kaya Raya (Tajir) di Jakarta Itu kebanyakan Tinggal disini ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan sesuai dengan topik 👌,
Terima kasih atas perhatiannya sobat 🙂

Artikel Terkait Lainnya



Back to Top

Subscribe | Daftarkan Email Kamu disini